Bayani Amri Putri Blog's

Bayani Amri Putri Blog's

Kamis, 11 Oktober 2012

MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN PERT. 2 PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU


MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN
PERT. 2 PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
OLEH DOSEN STKIP MPL
Sofyan Akbar

PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
Dimana ada kehidupan manusia disitu pasti ada pendidikan
(Driyarkara, 1980; 32)
Mengapa harus ada pemikiran teoritis tentang pendidikan ?
ž  Karena………………………..
ž  Tuntutan pendidikan yang terselenggara lebih baik, dan teratur didasarkan pada pemikiran yang matang
ž  Manusia ingin mempertanggung jawabkan cara dia mendidik generasi penerusnya agar lebih berhasil dalam melaksanakan hidupnya dalam pertemuan dan pergaulan serta hubungannya dengan Tuhan.

MAKNA TEORI
ž  Suatu hipotesis atau serangkaian hipotesis yang telah diverifikasi dengan observasi atau eksperimen.
ž  Merupakan sinonim umum untuk pemikiran sistematik  atau serangkaian pemikiran sistematik.


TEORI PENDIDIKAN MERUPAKAN UNSUR-UNSUR BANGUNAN PENGETAHUAN (A BODY OF KNOWLEDGE) ILMU PENDIDIKAN

ILMU PENDIDIKAN
ž  Suatu ilmu yang bukan saja menelaah obyeknya untuk mengetahui keadaan atau hakikat objek itu melainkan mempelajari pula cara bertindak (M.J.Langeveld)
ž  Ilmu yang mempelajari permasalahan yang timbul dalam praktek  pendidikan (S. Brodjonagoro)
ž   Pemikiran ilmiah tentang realitas pendidikan.(Driyarkara)

SYARAT PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
ž  Memiliki obyek studi (material dan formal)
ž  Memiliki sistematika
ž  Memiliki metode

OBYEK PENDIDIKAN
ž  Obyek material ilmu pendidikan adalah perilaku manusia.(psikologis, sosiologis, antropologis)
ž  Obyek formal ilmu pendidikan adalah menelaah fenomena pendidikan dalam perspektif yang luas dan integratif.(mendidik dan dididik)

SISTEMATIKA
ž  Melihat pendidikan sebagai  gejala manusiawi
ž  Melihat pendidikan sebagai upaya sadar
ž  Melihat pendidikan sebagai gejala manusiawi sekaligus upaya sadar dengan mengantisipasi perkembangan sosio-budaya di masa depan


Pendidikan sebagai gejala
ž  Adanya komponen pendidikan secara terpadu saling berinteraksi dalam suatu rangkaian kebulatan dalam mencapai tujuan
ž  Komponen pendidikan :
  1. Tujuan Pendidikan
  2. Peserta didik
  3. Pendidik
  4. Isi Pendidikan
  5. Metode Pendidikn
  6. Alat Pendidikan
  7. Lingkungan pendidikan

Melihat pendidikan sebagai upaya sadar
Fungsi Pendidikan (noeng Muhadjir)
  1. Menumbuhkan kreativitas peserta didik (pendidikan kreatifitas)
  2. Menjaga kelestarian nilai-nilai insani dan Ilahi (pendidikan moralitas)
  3. Menyiapkan tenaga kerja produktif (pendidikan produktivitas)

Melihat pendidikan sebagai gejala manusiawi sekaligus upaya sadar dengan mengantisipasi perkembangan sosio-budaya di masa depan
Dimensi Pendidikan
  1. Dimensi Lingkungan Pendidikan (keluarga, sekolah, masyarakat)
  2. Dimensi jenis persoalan Pendidikan (fondasional, Struktural, operasional)
  3. Dimensi Ruang dan Waktu (masa lalu, sekarang dan masa depan)



METODE NORMATIF
ž  Berkenaan dengan konsep manusia ideal yang ingin dicapai oleh pendidikan
ž  Menjawab pertanyaan masalah nilai baik dan buruka

METODE EKSPLANATORI
ž  Berkaitan dengan pertanyaan tentang kondisi dan kekuatan yang membuat proses pendidikan berhasil.


METODE HERMENEUTIS
ž  Memahami kenyataan pendidikan yang konkrit dan historis untuk menjelaskan makna dan struktur dari kegiatan pendidikan

METODE TEKNOLOGIS
ž  Berfungsi untuk mengungkapkan cara/strategi dalam rangka menuju keberhasilan pencapaiaan tujuan yang diinginkan

METODE DESKRIPTIF -FENOMENOLOGIS
ž  Menguraikan kenyataan-kenyataan pendidikan dan kemudian mengklasifikasikan sehingga ditemukan yang hakiki

METODE ANALISIS KRITIS
ž  Menganalisis secara kritis tentang istilah-istilah, pernyataan-pernyataan, konsep-konsep dan teori yang ada atau digunakan dalam ilmu pendidikan

EMPIRIS
ž  Karena Obyeknya (Fenomena atau situasi penddikan) dijumpai dalam dunia pengalaman

ROHANI
ž  Karena situasi pendidikan berdasar atas tujuan manusia tidak membiarkan peserta didik kepada keadaan alamnya, melainkan memadangnya sebagai makhluk susila dan ingin membawanya kearah manusia susila yang berbudaya

NORMATIF
ž  Karena berdasar atas pemilihan antara yang baik dan tidak baik untuk peserta didik pada khususnya dan manusia pada umumnya.

JENIS NORMATIF
ž  Berupa nilai hidup yang memang dapat diterima sebagai nilai hidup yang baik
ž  Berupa perkembangan atau pertumbuhan peserta didik yang bila diuji dengan hakekat perkembangan atau pertumbuhan memang baik
ž  Berupa alat untuk mencapai tujuan

HISTORIS
ž  Karena memberikan uraian teoritis tentang sistem pendidikan sepanjang jaman dengan mengingat latar belakang kebudayaan dan filsafat yang berpengaruh pada jaman-jaman tertentu

TEORITIS
ž  Karena memberikan pemikiran yang tersusun secara teratur dan logis tentang masalah dan ketentuan pendidikan

PRAKTIS
ž  Karena memberikan pemikiran tentang masalah dan ketentuan pendidikan yang langsung ditujukan kepada perbuatan mendidik

1 komentar:

  1. emperor casino - Shootercasino
    The official site of the Emperor Casino and the hottest new casino site, 메리트카지노 the official website of the Casino has a huge variety of games,  Rating: 제왕 카지노 2.3 · ‎9 바카라 사이트 votes

    BalasHapus