MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN
PERT. 2 PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
OLEH DOSEN STKIP MPL
Sofyan Akbar
PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
Dimana ada kehidupan manusia disitu pasti ada pendidikan
(Driyarkara, 1980; 32)
(Driyarkara, 1980; 32)
Mengapa harus ada pemikiran teoritis tentang pendidikan ?
Karena………………………..
Tuntutan
pendidikan yang terselenggara lebih baik, dan teratur didasarkan pada pemikiran
yang matang
Manusia
ingin mempertanggung jawabkan cara dia mendidik generasi penerusnya agar lebih
berhasil dalam melaksanakan hidupnya dalam pertemuan dan pergaulan serta
hubungannya dengan Tuhan.
MAKNA TEORI
Suatu
hipotesis atau serangkaian hipotesis yang telah diverifikasi dengan observasi
atau eksperimen.
Merupakan
sinonim umum untuk pemikiran sistematik
atau serangkaian pemikiran sistematik.
TEORI PENDIDIKAN MERUPAKAN UNSUR-UNSUR BANGUNAN PENGETAHUAN
(A BODY OF KNOWLEDGE) ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN
Suatu
ilmu yang bukan saja menelaah obyeknya untuk mengetahui keadaan atau hakikat
objek itu melainkan mempelajari pula cara bertindak (M.J.Langeveld)
Ilmu
yang mempelajari permasalahan yang timbul dalam praktek pendidikan (S. Brodjonagoro)
Pemikiran ilmiah tentang realitas
pendidikan.(Driyarkara)
SYARAT PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
Memiliki
obyek studi (material dan formal)
Memiliki
sistematika
Memiliki
metode
OBYEK PENDIDIKAN
Obyek
material ilmu pendidikan adalah perilaku manusia.(psikologis, sosiologis,
antropologis)
Obyek
formal ilmu pendidikan adalah menelaah fenomena pendidikan dalam perspektif
yang luas dan integratif.(mendidik dan dididik)
SISTEMATIKA
Melihat
pendidikan sebagai gejala manusiawi
Melihat
pendidikan sebagai upaya sadar
Melihat
pendidikan sebagai gejala manusiawi sekaligus upaya sadar dengan mengantisipasi
perkembangan sosio-budaya di masa depan
Pendidikan sebagai gejala
Adanya
komponen pendidikan secara terpadu saling berinteraksi dalam suatu rangkaian
kebulatan dalam mencapai tujuan
Komponen
pendidikan :
- Tujuan Pendidikan
- Peserta didik
- Pendidik
- Isi Pendidikan
- Metode Pendidikn
- Alat Pendidikan
- Lingkungan pendidikan
Melihat pendidikan sebagai upaya sadar
Fungsi Pendidikan (noeng Muhadjir)
- Menumbuhkan kreativitas peserta didik (pendidikan kreatifitas)
- Menjaga kelestarian nilai-nilai insani dan Ilahi (pendidikan moralitas)
- Menyiapkan tenaga kerja produktif (pendidikan produktivitas)
Melihat pendidikan sebagai
gejala manusiawi sekaligus upaya sadar dengan mengantisipasi perkembangan
sosio-budaya di masa depan
Dimensi Pendidikan
- Dimensi Lingkungan Pendidikan (keluarga, sekolah, masyarakat)
- Dimensi jenis persoalan Pendidikan (fondasional, Struktural, operasional)
- Dimensi Ruang dan Waktu (masa lalu, sekarang dan masa depan)
METODE NORMATIF
Berkenaan
dengan konsep manusia ideal yang ingin dicapai oleh pendidikan
Menjawab
pertanyaan masalah nilai baik dan buruka
METODE EKSPLANATORI
Berkaitan
dengan pertanyaan tentang kondisi dan kekuatan yang membuat proses pendidikan
berhasil.
METODE HERMENEUTIS
Memahami
kenyataan pendidikan yang konkrit dan historis untuk menjelaskan makna dan
struktur dari kegiatan pendidikan
METODE TEKNOLOGIS
Berfungsi
untuk mengungkapkan cara/strategi dalam rangka menuju keberhasilan pencapaiaan
tujuan yang diinginkan
METODE DESKRIPTIF -FENOMENOLOGIS
Menguraikan
kenyataan-kenyataan pendidikan dan kemudian mengklasifikasikan sehingga
ditemukan yang hakiki
METODE ANALISIS KRITIS
Menganalisis
secara kritis tentang istilah-istilah, pernyataan-pernyataan, konsep-konsep dan
teori yang ada atau digunakan dalam ilmu pendidikan
EMPIRIS
Karena
Obyeknya (Fenomena atau situasi penddikan) dijumpai dalam dunia pengalaman
ROHANI
Karena
situasi pendidikan berdasar atas tujuan manusia tidak membiarkan peserta didik
kepada keadaan alamnya, melainkan memadangnya sebagai makhluk susila dan ingin
membawanya kearah manusia susila yang berbudaya
NORMATIF
Karena
berdasar atas pemilihan antara yang baik dan tidak baik untuk peserta didik
pada khususnya dan manusia pada umumnya.
JENIS NORMATIF
Berupa
nilai hidup yang memang dapat diterima sebagai nilai hidup yang baik
Berupa
perkembangan atau pertumbuhan peserta didik yang bila diuji dengan hakekat
perkembangan atau pertumbuhan memang baik
Berupa
alat untuk mencapai tujuan
HISTORIS
Karena
memberikan uraian teoritis tentang sistem pendidikan sepanjang jaman dengan
mengingat latar belakang kebudayaan dan filsafat yang berpengaruh pada
jaman-jaman tertentu
TEORITIS
Karena
memberikan pemikiran yang tersusun secara teratur dan logis tentang masalah dan
ketentuan pendidikan
PRAKTIS
Karena
memberikan pemikiran tentang masalah dan ketentuan pendidikan yang langsung
ditujukan kepada perbuatan mendidik
emperor casino - Shootercasino
BalasHapusThe official site of the Emperor Casino and the hottest new casino site, 메리트카지노 the official website of the Casino has a huge variety of games, Rating: 제왕 카지노 2.3 · 9 바카라 사이트 votes