Bayani Amri Putri Blog's

Bayani Amri Putri Blog's

Selasa, 15 April 2014

PEMETAAN KI KD KURIKULUM 2013 : Materi Pokok Teks Descriptive



PEMETAAN KOMPETENSI INTI/KOMPETENSI DASAR

MATA KULIAH        : Curriculum and Material Development
KELAS                        : IV C
ANGGOTA                 :        BAYANI AMRI PUTRI                                   12050117
                                                ISNAENI SEPTIKASARI                               12050106
                                                RENZY REGINA AYUNI                     12050112
                                                RENI PUSPITASARI                                      12050



PEMETAAN KI/KD/INDIKATOR/MATERI
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER  : X/1
MATERI  POKOK    : Descriptive Text
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
TB
TUJUAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
TB
MATERI PEMBELAJARAN
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya







2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia


3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah



K4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.


2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.















3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.






















4.8 Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.



















4.9 Menyunting teks deskriptif tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.




4.10 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
A










A























C































P










P













P












P











P


















Selama dan setelah pembelajaran siswa dapat :
































































MENDENGAR
1.      Menemukan informasi melaui teks lisan.








MEMBACA
1.      Mengemukakan informasi melalui teks tertulis










MENYUNTING :
1.        Menyusun rencanan teks bentuk deskriptif










MENULIS
1.      Menulis teks singkat bentuk deskriptif









BERBICARA
1.      Mengungkapkan teks deskriptif



































1.      Menuliskan tujuan dan fungsi dari teks deskriptif
2.      Menuliskan kalimat present tense bentuk verbal
3.      Menuliskan kalimat present tense dalam bentuk nomina
4.      Menemukan linking verb dalam teks desriptif
5.      Menamai gambar menggunakan compound adjective dalam teks deskriptif sesuai dengan gambar yng diberikan.
6.      Mengurutkan kalimat-kalimat acak dalam teks deskriptif menjadi sebuah paragraph yang benar.















MENDENGAR
1.      Menentukan judul teks deskriptif yang diperdengarkan melalui kaset/DVD
2.      Menentukan subject (orang yang dibicarakan) dalam teks yang diperdengarkan



MEMBACA
1.      Menemukan topic paragraph dari teks deskriptif.
2.      Memilih jawaban informasi tertentu yang tepat dari pilihan tentang teks bacaan
3.      Menuliskan pokok pikiran paragraf teks bacaan
4.      Menjodohkan kata-kata dalam teks berdasarkan deskripsi yang diberikan



MENYUNTING :
1.      Menyiapkan tema untuk teks deskriptif
2.      Menyeleksi subyek yang akan dideskripsikan
3.      Merancang teks deskriptif dengan outline yang benar





MENULIS
1.      Menyusun paragraf teks deskriptif yang terpisah menjadi satu kesatuan wanan sesuai generic structure teks.
2.      Membuat teks deskriptif tentang teman dekat di sekolah sesuai dengan generic structure



BERBICARA
1.      Menglafalkan kata-kata yang ada dalam teks desriptif dengan benar.
2.      Mendeskripsikan tempat wisata yang pernah dikunjungi secara lisan
3.      Menanyakan pertanyaan dari cerita yang sedang diceritakan didepan kelas secara lisan
A










A























C

C

C

C

C




C


















P










P













P














P









P























FAKTA :
Contoh teks deskriptif seseorang, tempat wisata dan bangunan bersejarah

Ex. Agnes Monica, Kuta Beach, Borobudur Temple.

KONSEP :
Teks Deskriptif adalah teks tentang penggambaran seseorang, tempat, dll.

Tujuan dari teks untuk mendeskripsikan seseorang, tempat.dll.

Makna kata-kata dalam descriptive teks.

PRINSIP :
ü  Teks Deskriptif teks menggunakan pola kalimat Simple Present Tense :

Simple Present Tense :

Verbal : Subject +Verb 1

Nominal : Subject + to be + (bukan kata kerja)

Ø  Menggunakan linking verb
Ø  Menggunakan beragam kata sifat
Ø  Teks Deskriptif menggunakan kata kerja untuk menyampaikan informasi tentang subject
Ø  Menggunakan Adverbs untuk meyampaikan tambahan

Dalam penyampaian/Berbicara, hal-hal yang harus diperhatikan dalam berbicara
- Intonation,
- stress,
-  pronunciation

Dalam penulisan teks deskriptif juga harus diperhatikan diantaranya adalah :
-          Topic Sentences
-          Punctuation
-          Capital Letter
-          Diction

Dalam membaca teks descriptif juga harus menemukan :
-          Topic
-          Main Idea

Tema-tema yang dapat dilakukan dalam kegiatan menyunting :
Tema-tema utama dalam deskriptif adalah tentang orang, tempat wisata dan bangunan bersejarah.

PROSEDUR :
Langkah atau urutan kegiatan dalam menulis teks deskriptif atau urutan dalam penulisan teks deskirptif yang sesuai dengan generic structure (Identification, Description)










2 komentar:

  1. punya yg complimenting and showing care?
    trims

    BalasHapus
  2. wah, ndak punya lho! :)
    btw, trims sudah berkunjung

    BalasHapus