PEMETAAN KOMPETENSI INTI/KOMPETENSI
DASAR
MATA KULIAH : Curriculum and
Material Development
KELAS : IV C
ANGGOTA : BAYANI
AMRI PUTRI 12050117
ISNAENI
SEPTIKASARI 12050106
RENZY
REGINA AYUNI 12050112
RENI
PUSPITASARI 12050
PEMETAAN
KI/KD/INDIKATOR/MATERI
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER : X/1
MATERI POKOK :
Descriptive Text
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
TB
|
TUJUAN
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
TB
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
3.
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
3.7
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.8 Menangkap makna dalam teks
deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal.
4.9 Menyunting teks deskriptif tulis,
sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.10
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
A
A
C
P
P
P
P
P
|
Selama
dan setelah pembelajaran siswa dapat :
MENDENGAR
1.
Menemukan informasi melaui teks lisan.
MEMBACA
1. Mengemukakan informasi melalui teks tertulis
MENYUNTING :
1. Menyusun
rencanan teks bentuk deskriptif
MENULIS
1.
Menulis teks singkat bentuk deskriptif
BERBICARA
1. Mengungkapkan
teks deskriptif
|
1.
Menuliskan tujuan dan fungsi dari teks deskriptif
2.
Menuliskan
kalimat present tense bentuk verbal
3.
Menuliskan
kalimat present tense dalam bentuk
nomina
4.
Menemukan
linking verb dalam teks desriptif
5.
Menamai
gambar menggunakan compound adjective
dalam teks deskriptif sesuai dengan gambar yng diberikan.
6.
Mengurutkan
kalimat-kalimat acak dalam teks deskriptif menjadi sebuah paragraph yang
benar.
MENDENGAR
1. Menentukan judul
teks deskriptif yang diperdengarkan melalui kaset/DVD
2. Menentukan
subject (orang yang dibicarakan) dalam teks yang diperdengarkan
MEMBACA
1.
Menemukan
topic paragraph dari teks deskriptif.
2.
Memilih
jawaban informasi tertentu yang tepat dari pilihan tentang teks bacaan
3. Menuliskan pokok
pikiran paragraf teks bacaan
4. Menjodohkan
kata-kata dalam teks berdasarkan deskripsi yang diberikan
MENYUNTING :
1. Menyiapkan tema untuk teks deskriptif
2. Menyeleksi subyek yang akan
dideskripsikan
3. Merancang teks deskriptif dengan
outline yang benar
MENULIS
1. Menyusun
paragraf teks deskriptif yang terpisah menjadi satu kesatuan wanan sesuai
generic structure teks.
2. Membuat teks deskriptif tentang teman
dekat di sekolah sesuai dengan generic structure
BERBICARA
1. Menglafalkan kata-kata yang ada dalam
teks desriptif dengan benar.
2. Mendeskripsikan tempat wisata yang
pernah dikunjungi secara lisan
3. Menanyakan pertanyaan dari cerita yang
sedang diceritakan didepan kelas secara lisan
|
A
A
C
C
C
C
C
C
P
P
P
P
P
|
FAKTA :
Contoh
teks deskriptif seseorang, tempat wisata dan bangunan bersejarah
Ex. Agnes Monica, Kuta Beach,
Borobudur Temple.
KONSEP :
Teks
Deskriptif adalah teks tentang penggambaran seseorang, tempat, dll.
Tujuan
dari teks untuk mendeskripsikan seseorang, tempat.dll.
Makna kata-kata dalam descriptive teks.
PRINSIP :
ü Teks Deskriptif teks menggunakan pola kalimat Simple Present Tense :
Simple
Present Tense :
Verbal : Subject +Verb 1
Nominal : Subject + to be +
(bukan kata kerja)
Ø Menggunakan linking verb
Ø
Menggunakan
beragam kata sifat
Ø
Teks
Deskriptif menggunakan kata kerja untuk menyampaikan informasi tentang
subject
Ø Menggunakan Adverbs untuk meyampaikan tambahan
Dalam
penyampaian/Berbicara, hal-hal yang harus diperhatikan dalam berbicara
-
Intonation,
- stress,
- pronunciation
Dalam penulisan teks deskriptif juga harus
diperhatikan diantaranya adalah :
-
Topic
Sentences
-
Punctuation
-
Capital
Letter
-
Diction
Dalam
membaca teks descriptif juga harus menemukan :
-
Topic
-
Main Idea
Tema-tema
yang dapat dilakukan dalam kegiatan menyunting :
Tema-tema
utama dalam deskriptif adalah tentang orang, tempat wisata dan bangunan
bersejarah.
PROSEDUR :
Langkah
atau urutan kegiatan dalam menulis teks deskriptif atau urutan dalam
penulisan teks deskirptif yang sesuai dengan generic structure
(Identification, Description)
|
|
|
|
|
|
|
|
punya yg complimenting and showing care?
BalasHapustrims
wah, ndak punya lho! :)
BalasHapusbtw, trims sudah berkunjung