Bayani Amri Putri Blog's

Bayani Amri Putri Blog's

Jumat, 22 April 2011

Bagaimana Nasip ABK Sinar Kudus Paska di Bajak Perompak Somalia

Aksi kejahatan perampok somalia  di dekat pulau Socotra, Semenanjung Arab, semakin menjadi-jadi.  Salah satu korban penyandaaraan yang hinnga kini menjadi berita hangat  di tanah air   adalah kapal Sinar Kudus yang bermuatan nikel dari Pomalaa, Sulteng menuju Rotterdam-Belanda. Pembajakan dan Penyanderaan dilakukan pada 16 Maret lalu dan sudah memasuki kurun waktu  hampir satu bulan lamanya.  

Menurut informasinya kondisi para penumpang sebanyak 20 orang telah mengalami penurunan kesehatan dan bahkan ada yang sudah  mencapai titik kritis. Tindakan negosiasi yang naik turun yang ditawarkan oleh para pembajak membuat sejumlah kalangan mulai prihatin. Sehingga  Dubes Somalia bahkan menyarankan agar TNI  segera menyerang perompak untuk  negosiasi lebih gampang. Apa lagi  perompak Somalia sudah merupakan sindikat internasional.

Lalu bagaimana kesiapan TNI menghadapi para bajak laut  Somalia yang terkenal bengis itu? Secara operasional mungkin tidak menjadi masalah apalagi TNI terkenal dengan kesiapan 24 jam. Tuntutan Secara terpisah kesiapan TNI untuk membebaskan sandra  telah direspon  oleh  Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang  siap membebaskan sandera Kapal kargo Sinar Kudus. Sudah tepat jika pembajakan tersebut diserahkan sepenuhnya kepada TNI untuk menumpas para perampok bajak laut yang kerap merasahkan kapal-kapal yang melawati perairan Somalia tersebut.             
Dengan mengirimkan TNI untuk membebaskan  penyanderaan 20 Warga Negara Indonesia (WNI) di Somalia merupakan langkah tepat dan terhormat. Cara   ini dinilai oleh berbagai kalangan sebagai langkah yang  akan mendapat simpati dan dapat menjaga martabat bangsa. Bukan sebaliknya yang dapat  melayani keinginan perompak yang meminta tebusan uang dalam jumlah besar tersebut.           

Oleh karenanya  harapan selaku masyarakat awam terutama keluarga korban yang ada di tanah air adalah bagaimana ke 20 orang yang disandra dapat dibebaskan dengan selamat. Pelibatan tentara dalam pembebasan sandra   merupakan keharusan   bagi pemerintah untuk menyelamatkan nasib warga Indonesia.  Kekuatan militer dalam pembebesan sandra sudah merupakan hal yang tak dapat ditawar untuk menumpas setiap pelaku kejahatan di laut.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=20&jd=Negosiasi+Lebih+Gampang%2C+Serang+Perampok!&dn=20110412110209

Tidak ada komentar:

Posting Komentar