MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN
PERT. 2 PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
OLEH DOSEN STKIP MPL
Sofyan Akbar
PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
Dimana ada kehidupan manusia disitu pasti ada pendidikan
(Driyarkara, 1980; 32)
(Driyarkara, 1980; 32)
Mengapa harus ada pemikiran teoritis tentang pendidikan ?
ž Karena………………………..
ž Tuntutan
pendidikan yang terselenggara lebih baik, dan teratur didasarkan pada pemikiran
yang matang
ž Manusia
ingin mempertanggung jawabkan cara dia mendidik generasi penerusnya agar lebih
berhasil dalam melaksanakan hidupnya dalam pertemuan dan pergaulan serta
hubungannya dengan Tuhan.
MAKNA TEORI
ž Suatu
hipotesis atau serangkaian hipotesis yang telah diverifikasi dengan observasi
atau eksperimen.
ž Merupakan
sinonim umum untuk pemikiran sistematik
atau serangkaian pemikiran sistematik.
TEORI PENDIDIKAN MERUPAKAN UNSUR-UNSUR BANGUNAN PENGETAHUAN
(A BODY OF KNOWLEDGE) ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN
ž Suatu
ilmu yang bukan saja menelaah obyeknya untuk mengetahui keadaan atau hakikat
objek itu melainkan mempelajari pula cara bertindak (M.J.Langeveld)
ž Ilmu
yang mempelajari permasalahan yang timbul dalam praktek pendidikan (S. Brodjonagoro)
ž Pemikiran ilmiah tentang realitas
pendidikan.(Driyarkara)
SYARAT PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU
ž Memiliki
obyek studi (material dan formal)
ž Memiliki
sistematika
ž Memiliki
metode
OBYEK PENDIDIKAN
ž Obyek
material ilmu pendidikan adalah perilaku manusia.(psikologis, sosiologis,
antropologis)
ž Obyek
formal ilmu pendidikan adalah menelaah fenomena pendidikan dalam perspektif
yang luas dan integratif.(mendidik dan dididik)
SISTEMATIKA
ž Melihat
pendidikan sebagai gejala manusiawi
ž Melihat
pendidikan sebagai upaya sadar
ž Melihat
pendidikan sebagai gejala manusiawi sekaligus upaya sadar dengan mengantisipasi
perkembangan sosio-budaya di masa depan
Pendidikan sebagai gejala
ž Adanya
komponen pendidikan secara terpadu saling berinteraksi dalam suatu rangkaian
kebulatan dalam mencapai tujuan
ž Komponen
pendidikan :
- Tujuan Pendidikan
- Peserta didik
- Pendidik
- Isi Pendidikan
- Metode Pendidikn
- Alat Pendidikan
- Lingkungan pendidikan
Melihat pendidikan sebagai upaya sadar
Fungsi Pendidikan (noeng Muhadjir)
- Menumbuhkan kreativitas peserta didik (pendidikan kreatifitas)
- Menjaga kelestarian nilai-nilai insani dan Ilahi (pendidikan moralitas)
- Menyiapkan tenaga kerja produktif (pendidikan produktivitas)
Melihat pendidikan sebagai
gejala manusiawi sekaligus upaya sadar dengan mengantisipasi perkembangan
sosio-budaya di masa depan
Dimensi Pendidikan
- Dimensi Lingkungan Pendidikan (keluarga, sekolah, masyarakat)
- Dimensi jenis persoalan Pendidikan (fondasional, Struktural, operasional)
- Dimensi Ruang dan Waktu (masa lalu, sekarang dan masa depan)

METODE NORMATIF
ž Berkenaan
dengan konsep manusia ideal yang ingin dicapai oleh pendidikan
ž Menjawab
pertanyaan masalah nilai baik dan buruka
METODE EKSPLANATORI
ž Berkaitan
dengan pertanyaan tentang kondisi dan kekuatan yang membuat proses pendidikan
berhasil.
METODE HERMENEUTIS
ž Memahami
kenyataan pendidikan yang konkrit dan historis untuk menjelaskan makna dan
struktur dari kegiatan pendidikan
METODE TEKNOLOGIS
ž Berfungsi
untuk mengungkapkan cara/strategi dalam rangka menuju keberhasilan pencapaiaan
tujuan yang diinginkan
METODE DESKRIPTIF -FENOMENOLOGIS
ž Menguraikan
kenyataan-kenyataan pendidikan dan kemudian mengklasifikasikan sehingga
ditemukan yang hakiki
METODE ANALISIS KRITIS
ž Menganalisis
secara kritis tentang istilah-istilah, pernyataan-pernyataan, konsep-konsep dan
teori yang ada atau digunakan dalam ilmu pendidikan

EMPIRIS
ž Karena
Obyeknya (Fenomena atau situasi penddikan) dijumpai dalam dunia pengalaman
ROHANI
ž Karena
situasi pendidikan berdasar atas tujuan manusia tidak membiarkan peserta didik
kepada keadaan alamnya, melainkan memadangnya sebagai makhluk susila dan ingin
membawanya kearah manusia susila yang berbudaya
NORMATIF
ž Karena
berdasar atas pemilihan antara yang baik dan tidak baik untuk peserta didik
pada khususnya dan manusia pada umumnya.
JENIS NORMATIF
ž Berupa
nilai hidup yang memang dapat diterima sebagai nilai hidup yang baik
ž Berupa
perkembangan atau pertumbuhan peserta didik yang bila diuji dengan hakekat
perkembangan atau pertumbuhan memang baik
ž Berupa
alat untuk mencapai tujuan
HISTORIS
ž Karena
memberikan uraian teoritis tentang sistem pendidikan sepanjang jaman dengan
mengingat latar belakang kebudayaan dan filsafat yang berpengaruh pada
jaman-jaman tertentu
TEORITIS
ž Karena
memberikan pemikiran yang tersusun secara teratur dan logis tentang masalah dan
ketentuan pendidikan
PRAKTIS
ž Karena
memberikan pemikiran tentang masalah dan ketentuan pendidikan yang langsung
ditujukan kepada perbuatan mendidik
emperor casino - Shootercasino
BalasHapusThe official site of the Emperor Casino and the hottest new casino site, 메리트카지노 the official website of the Casino has a huge variety of games, Rating: 제왕 카지노 2.3 · 9 바카라 사이트 votes